Wisata Kota Bonn

Bonn adalah kota yang terletak di tepi sungai Rhein di negara bagian Nordrhein-Westfalen, Jerman. Kota yang memiliki populasi 320.820 (tahun 2015) ini pernah menjadi ibukota sementara Jerman pada tahun 1949 sampai tahun 1990 dan menjadi pusat pemerintahan resmi Jerman bersatu sejak tahun 1990 sampai tahun 1999. Kota yang menjadi tempat kelahiran komponis besar dunia, Ludwig van Beethoven ini juga menyimpan sejarah penting bagi kalangan pelajar Indonesia di Jerman, dimana Perhimpunan Pelajar Indonesia di Jerman didirikan pada tanggal 4 Mei 1956 di Bonn Bad Godesberg. Berikut ini adalah beberapa tempat di Bonn dan sekitarnya yang menarik untuk dikunjungi:

1. Universitas Bonn (Rheinische Friedrich-Wilhelms-Universität Bonn)

 

Sebuah universitas riset publik yang terletak di Bonn, Jerman. Universitas yang didirikan pada tahun 1818 ini memiliki 525 profesor dan 27.800 mahasiswa. Diantara alumni terkenalnya adalah Fields Medal, Paus Benediktus XVI, Karl Marx, Friedrich Nietzsche dan Joseph Schumpeter.

2. Hofgarten

 

Taman yang terletak tepat di depan gedung Universitas Bonn ini menjadi tempat beraktivitas para warga Bonn terutama di musim panas. Dari bertemu dengan teman, bermain bola, sampai bersantai sambil membaca buku bisa dilakukan di taman ini.

3. Weihnachtsmarkt Bonn

 

Pasar natal di kota Bonn dibuka setiap tahun pada hari Jumat sebelum Totensonntag. Kita bisa membeli jajanan khas pasar natal di Jerman seperti Wurst, Steak, kacang almond berbagai rasa, juga bermacam-macam jenis coklat dan makanan lainnya. Kita juga bisa menghangatkan badan dengan banyak pilihan minuman seperti coklat panas, Glühwein dan minuman lainnya.

4. Haus der Geschichte

 

Haus der Geschichte adalah museum sejarah kontemporer Jerman yang terletak tidak jauh dari pusat kota. Dengan menggunakan transportasi Ubahn (kereta bawah tanah) dari pusat kota hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 sampai 7 menit. Museum ini merupakan salah satu dari museum yang populer di Jerman dengan jumlah sekitar satu juta pengunjung setiap tahunnya. Dengan slogannya “Experience History”, konsep museum ini adalah untuk menarik perhatian ke objek sejarah dan membuat mereka ‘hidup’ bagi para pengunjung.

5. Beethoven-Haus

 

Dibentuk pada tahun 1889 oleh Berthoven-Haus association, Beethoven-Haus yang merupakan situs bersejarah, museum, dan institusi kultur mempelajari kehidupan dan hasil karya dari komposer Ludwig van Beethoven. Pusat dari Beethoven-Haus adalah rumah tempat lahirnya Beethoven yang terletak di Bonngasse 20. Di museum ini kita bisa menjumpai manuskrip, foto-foto bersejarah, instrumen musik, dan juga tanda mata.

6. Drachenfels dan Drachenburg

 

Merupakan bukit dengan ketinggian 1053 kaki yang terletak di daerah pegunungan Siebengebirge. Dalam puisi Nibelungenlied, diceritakan seorang pahlawan bernama Siegfried mengalahkan naga Fafnir, yang hidup didalam gua yang terletak di bukit, dan kemudian memandikan dirinya dengan darah dari naga tersebut untuk menjadikan dirinya kebal. Di dekat puncak Drachenfels, terdapat pula sebuah kastil bernama Drachenburg. Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata favorit yang berada tidak jauh dari kota Bonn dan memiliki pemandangan yang indah untuk dinikmati.

7. Freizeitpark Rheinaue

 

Merupakan taman kota yang terletak di pinggir sungai Rhein kota Bonn. Taman ini seluas 160 hektar dan menjadi area rekreasi lokal. Di saat cuaca sedang hangat, taman ini banyak didatangi pengunjung. Warga Jerman biasanya menghabiskan waktu di taman ini dengan berjalan jalan, aktivitas olahraga, atau juga piknik bersama.

8. Kirschblüte in der Bonner Altstadt

 

Pada setiap musim semi datang, sepanjang jalan Altstadt Bonn akan dihiasi dengan bunga sakura. Lokasi ini akan dipadati oleh para turis maupun fotografer yang datang untuk menikmati dan mengabadikan momen tersebut.

9. Beethoven Monument

 

Monumen yang terbuat dari perunggu, merupakan patung berbentuk Ludwig van Beethoven yang terletak di Münsterplatz Bonn, di pusat kota Bonn. Patung ini diresmikan pada tanggal 12 Agustus 1845, untuk menghormati ulangtahunnya yang ke 75.

10. Bonner Münster

 

Salah satu dari gereja tertua di Jerman, dibangun antara abad ke 11 dan ke 13. Bonner Münster merupakan gereja katolik yang bergaya arsitektur romawi. Di depan gereja ini terdapat 2 patung besar berbentuk kepala. Menurut legenda, kepala tersebut adalah gambaran dari kepala Saints Cassius dan Florentius, yang merupakan anggota pasukan di bawah pimpinan Saint Gereon. Kepala mereka dipenggal tepat di lokasi tersebut karena kepercayaan mereka yang bertentangan.