Olah Raga

Pelajar di Bonn terbilang aktif dibidang olahraga , mengingat sebuah slogan ” mensana in corporesano” ( di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat ) . Tidak hanya giat belajar , kami pun gemar berolahraga . Ada beberapa macam olahraga yang ada di Bonn yang diantaranya
I. Badminton
II. Basket
III. Futsal
IV. Tapak Suci

 

 

I. Badminton

 

Belakangan ini olahraga badminton cukuo digemari oleh masyarakat indonesia bonn , tidak hanya pelajar nya maupun ibu rumah tangga pun gemar bermain (mengingat cuaca yang dingin “winter” tidak memungkinkan untuk berolahraga outdoor) . Badminton biasa di selenggarakan seminggu sekali yaitu hari jumat , jam 3 – 5 di sankt augustin (tempatnya agak jauh , tapi murah ) tidak merogoh kocek dalam dalam mengingat banyak student yang main :D. Per orang biasanya cukup membayar 3 euro untuk 2 jam bermain .

 

II. Basket

 

Siapa yang tidak mengenal “Bonn Basketball ” (?) Bonn basketball baru saja menjuarai Sportfest Aachen se jerman pada November 2016 lalu .
Olahraga ini terbilang cukup keras tapi juga sangat seru . Biasanya anak anak basket latihan seminggu sekali di Buschdorf (indoor) kalo sommer bisa seminggu 3 kali , karena di bonn terdapat cukup banyak freizeitpark yang dimana terdapat ring basket disana . Tidak perlu bayar , semua orang bisa join bermain basket !
Saat juara kemarin

 

III. Futsal

 

Siapa yang gak suka main futsal (?) seminggu sekali futsal diselenggarakan . Tempat flexible (ngikutin cuaca ) saat cuaca bagus kami biasa bermain di Hofgarten , depan Campus Uni Bonn . Tapi apabila cuaca tidak mendukung kami biasanya menyewa lapangan indoor , per orang biasanya membayar 5 euro untuk durasi 1,5 jam . Terbilang “cukup” mahal , tapi dengan bermain futsal biasanya orang akan lupa tentang “beban hidup ” sejenak . (melepas stress )

 

IV . Tapak Suci

 

Tapak suci merupakan ilmu bela diri dan merupakan salah satu dari 10 gaya dari pencak silat . Tidak hanya dengan tangan kosong , tapak suci juga mengajarkan ilm bela diri dengan senjata seperti pedang dll . Sejatinya tapak suci merupakan ilmu bela diri tanpa senjata , tapi menggunakan senjata atau alat juga di ajarkan di sini mengingat kejahatan bisa terjadi kapan saja , dimana saja , dan bisa juga dengan “senjata” . Tapak suci di bonn ini banyak anggotanya yang berkewarnegaraan jerman 🙂 mengingat ilmu bela diri kita sangat kaya akan tradisi , gaya dan memiliki ketertarikan tersendiri