Kerohanian

Atas dasar ingin saling menjaga kedekatan dengan Tuhan serta memupuk rasa peraudaraan di tanah rantau, masyarakat Indonesia yang berdomisili di Bonn dan sekitarnya membentuk komunitas-komunitas keagamaan. Diantaranya ialah :
 

1. PMB (Pengajian Muslimah Bonn)

 
Pengajian Muslimah Bonn(PMB) adalah pengajian khusus muslimah di Bonn dan sekitarnya yang sudah ada sejak tahun 2001. Di awal pembentukan komunitas ini bernama pengajian ibu-ibu Bonn lalu pada tahun 2013 berganti nama menjadi PMB.
Latar belakang pembentukan karena adanya keinginan untuk meningkatkan persaudaraan dan tali silaturrahim diantara muslimah di Bonn dan sekitarnya.
Dahulu pengajian diadakan rutin setiap bulan. Namun sejak tahun 2013 berubah menjadi tiga bulan sekali dengan pertimbangan adanya kesibukan lain dari masing-masing anggota.
Kegiatan pada saat pengajian yaitu belajar membaca Al-Qur’an bersama serta mendengarkan ceramah dari pemateri. Selain itu, kegiatan berupa rihlah maupun menyelenggarakan acara kultur juga pernah dilakukan oleh PMB.
Pengajian Muslimah Bonn juga telah bekerja sama dengan seluruh perkumpulan muslimah Indonesia se Nordrhein-Westfalen (NRW) yaitu meliputi muslimah dari Aachen dan Ruhrgebiet. Satu tahun sekali sebelum memasuki bulan ramadhan ketiga perkumpulan muslimah ini mengadakan pengajian akbar.

 

 

2. IMB (Indonesia Muslim Bonn)

 

 

IMB adalah perkumpulan masyarakat muslim Indonesia di kota Bonn, Jerman. Kegiatan rutin dari perkumpulan ini yaitu pengajian yang diadakan setiap bulan di rumah masyarakat Indonesia yang ada di Bonn. Tidak hanya dihadiri oleh kapak-bapak atau ibu-ibu saja tetapi juga seluruh lapisan masyarakat muslim disekitarnya termasuk mahasiswa dan anak-anak.
Seperti halnya PMB, IMB juga mendatangkan pemateri dari dalam kota Jerman sendiri atau dari luar negeri maupun dari Indonesia.
Setiap tahun IMB menyelenggarakan shalat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha di Bonn yang tentunya di kesempatan ini digunakan juga untuk melepas kerinduan bertemu dengan saudara-saudara muslim Indonesia ditemani hidangan-hidangan khas indonesia.Agenda tahunan yang lain adalah regenerasi kepengurusan IMB yang meliputi pemilihan ketua, wakil dan bendahara. Saat ini IMB diketuai oleh Ustad Ibrahim Omar.

 

 

3. PD (persekutuan Do’a)

 

 

Persekutuan Do’a merupakan kegiatan kerohanian mingguan pelajar Khatolik dan Protestan Bonn untuk berkumpul dan berdo’a bersama. Biasanya kegiatan ini diadakan rutin di rumah atau kamar masing-masing anggotanya setiap hari sabtu atau minggu. Perkumpulan ini tidak hanya melakukan ibadah atau kebaktian kecil saja seperti pembacaan firman,

 

menyanyikan lagu rohani, berdo’a bersama tetapi juga saling sharing pengalaman maupun pemikiran oleh setiap anggota. Walaupun hanya diikuti oleh beberapa orang saja tetapi kegiatan ini sangatlah membantu untuk meningkatkan keimanan dan rasa persaudaraan dari pelajar sesama kristen.