Cafe Bonn: Terinspirasi Untuk Menjadi Inspirasi

Cafe Bonn: Terinspirasi Untuk Menjadi Inspirasi

Pada 22 April yang lalu PPI Bonn kembali menyelenggarakan Café Bonn. Café Bonn merupakan salah satu program PPI bonn yang rutin dilaksanakan setiap semester. Café Bonn merupakan wadah untuk berkumpul yang informatif dengan konsep Café yang nomaden. Namun ada yang baru di Café Bonn kali ini. Tak seperti biasanya yang mengusung konsep diskusi terbuka untuk menanggapi isu terkini, kali ini Café Bonn hadir dengan konsep talkshow. Acara yang diselenggarakan di Evangelische Studierengemeinde (ESG) Bonn ini mengangkat tema “Terinspirasi Untuk Menjadi Inspirasi” dengan mendatangkan dua narasumber, yaitu mahasiswi master Dualstudium Yachinta Kathya Arthanie di Telekom AG dan seorang redaktur Deutsche Welle (DW) Hendra Pasuhuk.

 

Acara dibuka dengan penampilan musik spesial oleh Asrida Hutasoit, Standy Christianto, dan Jason Haris. Kemudian dilanjutkan dengan sesi talkshow yang dipandu oleh Carinsa Kumaladewi. Talkshow kali ini membahas tentang peluang bekerja dan berkarir di Jerman. Kedua narasumber berbagi kiat-kiat menyelesaikan studi, membangun koneksi dan meniti karir dengan perusahaan Internasional. Kedua narasumber juga menyampaikan pengalamannya bersaing dengan masyarakat lokal untuk dapat mendapatkan pekerjaan. Banyak saran-saran positif disampaikan kepada teman-teman partisipan yang masih berjuang mempersiapkan dan menyelesaikan studi.

 

Acara tidak terasa monoton dengan adanya selingan hiburan dari Marcelino, Yogi Prayogo dan Samuel Siahaan. Setelah sesi talkshow selesai, acara dilanjutkan dengan makan malam bersama. Seperti biasanya, makan bersama adalah agenda wajib di setiap acara kumpul sesama kawan Indonesia. Menu kali ini adalah siomay dan sop buah. Suasana semakin hangat dan akrab ketika acara dilanjutkan dengan games serta perkenalan dengan mahasiswa dan mahasiswi baru di Bonn.

 

Agenda lain di acara Café Bonn kali ini adalah launching website resmi PPI Bonn. Anggun Mayasari dan Ratih Permata dari Departemen Humas dan Media PPI Bonn menjelaskan tujuan pembuatan website serta memperkenalkan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Agenda ini sekaligus menjadi penutup acara Café Bonn kali ini.

 

Berjuang menyelesaikan studi di Jerman ternyata memang tak mudah. Namun akan ada hal-hal hebat yang berdatangan setelahnya. Kembali dan membangun negeri memang cita-cita yang harus ada di dalam hati. Tapi tak ada salahnya pula mengambil kesempatan yang ada di depan mata. Apapun yang menjadi pilihan tentunya tetap harus dalam upaya meningkatkan kualitas diri agar menjadi manusia yang berguna untuk memajukan dunia. Semangat!!

 

By : Anggun Mayasari

PPI Bonn
No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website